• Contact
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

DINAMIKA PENDIDIKAN

  • DROPDOWN MENU
  • Berita
  • Tutorial
  • Sertifikasi
  • Tunjangan
  • Adm Guru
  • Dapodik
  • Profil
  • Aplikasi Gratis
Home » Berita » Pendidikan » 4 POINT PENTING REVISI KURTILAS

4 POINT PENTING REVISI KURTILAS

Posted by on Monday, 21 March 2016
Label: Berita, Label: Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan Revisi Kurikulum 2013 untuk diterapkan di tahun pelajaran 2016/2017 di Depok kemarin (20/3). Tak banyak perubahan dalam kurikulum yang “baru” itu dibandingkan versi sebelumnya.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno menuturkan, secara keseluruhan ada lima poin hasil revisi kurikulum. 
"Untuk nama, kami sepakati tetap menggunakan nama Kurikulum 2013," katanya usai pengukuhan 156 orang Narasumber Nasional K13 di Pusdiklat Kemendikbud Depok kemarin (20/3).
Poin utama adalah meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Berikut poin-poin penting revisi Kurikulum 2013.
Pertama, penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru.  Pada K13 versi lawas, seluruh guru wajib menilai aspek sosial dan spiritual (keagamaan) siswa. Sistem ini yang lantas dikeluhkan banyak guru.
Dalam skema yang baru, penilaian sosial dan keagamaan siswa cukup dilakukan oleh guru PPKn dan guru pendidikan agama-budi pekerti. Sementara guru fisika dan mata pelajaran lainnya hanya menilai aspek akademik sesuai bidang yang diajarkan saja.
Totok menambahkan, guru mata pelajaran lain boleh menilai aspek sosial sewajarnya. Seperti terkait kenakalan atau misalnya saat siswa ketahuan mencontek.
Kedua, proses berpikir siswa tidak dibatasi. Pada kurikulum yang lama, berlaku sistem pembatasan. Yaitu, anak SD sampai memahami, SMP menganalisis, dan SMA mencipta. 
ada kurikulum hasil revisi ini, anak SD boleh berpikir sampai tahap penciptaan. Tentunya dengan kadar penciptaan yang sesuai dengan usia.
Ketiga, teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta) tidak sebatas menjadi teori saja. Tetapi, guru dituntut untuk benar-benar menerapkan dalam pembelajaran. 
Keempat, struktur mata pelajaran dan lama belajar di sekolah tidak diubah.
Meski tidak banyak perubahan, Kemndikbud berharap para pelatih bisa menyajikan unsur kebaruan dalam K13 versi revisi itu. “ K13 versi baru ini tetap mendukung proses belajar di kelas yang menyenangkan,” katanya. 
Mantan kepala Biro Kepegawaian Kemendikbud itu menambahkan, narasurmber Nasional (NN) dan Instruktur Nasional (IN) yang kemarin juga resmi dikukuhkan dituntut harus bisa berperan maksimal. Sehingga nanti ketika melatih guru di tingkat provinsi atau sekolah tidak mengalami hambatan. 
Terpisah, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, pihaknya kecewa dengan agenda revisi K13. Sebab, Kemendikbud tidak membuka ruang dialog dengan publik. 
"Kami di FSGI waktu awal revisi K13 menyampaikan banyak masukan," katanya. 
Namun tanpa dia ketahui wujud revisi K13, tiba-tiba sudah jadi materi pelatihan. Menurutnya urusan bahan atau konten pelajaran di K13 banyak yang harus diperbaiki. 
Dia mencontohkan banyak materi pelajaran yang tumpang tindih di mata pelajaran sejarah. "Buku matematika sekarang tebalnya dua kali lipat dibanding Kurikulum 2006," tuturnya. 

Sumber :  www.jpnn.com/


0 Response to "4 POINT PENTING REVISI KURTILAS"

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Blog Archive

  • ▼  2016 (182)
    • ►  September (2)
    • ►  August (3)
    • ►  May (2)
    • ►  April (6)
    • ▼  March (43)
      • TUNJANGAN GURU APRIL DIJAMIN CAIR
      • APLIKASI SIM RASIO
      • MISTERI DATA TUNJANGAN NON PNS DIBALIK SURAT EDARA...
      • SK PENERIMA TUNJANGAN NON PNS 2016
      • MULTI GRADE TEACHING (PEMDA HARUS BAYAR KELEBIHAN ...
      • DEMO GURU YANG SEPI VS DEMO SUPIR YANG MERIAH
      • BERHENTILAH MENJADI GURU
      • SANKSI KEPADA GURU YANG MENYALAHGUNAKAN TUNJANGAN
      • SYARIAT ISLAM DALAM MENYIKAPI GURU HONOR
      • TIPS SEHAT BAGI YANG SUKA BEGADANG
      • 4 POINT PENTING REVISI KURTILAS
      • SEKOLAH PENGGUNA KURTILAS GA PERLU KHAWATIR TENTAN...
      • SALAH SATU KESALAHAN PEMERINTAH NILAI PASSING GRAD...
      • LOMBA ARTIKEL DAN KARYA ILMIAH
      • TUNJANGAN INSENTIFE GURU NON PNS SEGERA CAIR
      • TUNJANGAN GURU TERANCAM BERKURANG
      • JAWABAN ATAS KERAGUAN SIAPA YANG MENTAHLILKAN RASU...
      • JUARA LOMBA MIPA (IMSO) TAHUN 2016
      • TUNJANGAN GURU CAIR APRIL 2016
      • 6 SITUS JEJARING YANG DIKEMBANGKAN KEMDIKBUD
      • PANDUAN PENDAFTARAN CALON INSTRUKTUR NASIONAL KURI...
      • WASPADA CVS MENGINCAR PENGGUNA KOMPUTER
      • OLAH RAGA RINGAN BAGI OPS/PEKERJA YANG BANYAK DUDUK
      • PEMECATAN GURU HONOR SEKOLAH SEPENUHNYA TANGGUNG J...
      • INILAH TULISAN TANGAN GURU HONOR ASAL BREBES YANG ...
      • INI ALASAN GURU HONOR KIRIM SMS ANCAMAN
      • GERHANA MATAHARI TOTAL MENJADI WISATA PENDIDIKAN
      • KURSUS PENDIDIKAN SEKS DEWASA
      • GARA-GARA SMS PENGADUAN GURU HONOR DI TANGKAP POLISI
      • GURU DAN GOOGLE
      • KESEJAHTERAAN GURU HONORER
      • SERUAN KEMENAG, 9 MARET 2016 GURU PAI AJARKAN SHOL...
      • KEGIATAN FL2SN TAHUN 2016
      • GERAKAN LITERASI SEKOLAH
      • JADWAL PELATIHAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2016
      • DOWNLOAD KEBIJAKAN KURIKULUM TAHUN 2016
      • SEBANYAK 234SISWA MENGIKUTI LOMBA MIPA TK KABUPATE...
      • CARA MENDAPATKAN KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) TAMB...
      • KELEBIHAN JAM MENGAJAR GURU DI BAYAR PEMDA
      • GURU HARUS MEMPERSIAPKAN DIRI JANGAN SAMPAI KENA H...
      • PENDAFTARAN CALON INSTRUKTUR KURIKULUM 2013 TAHUN ...
      • NASIB GURU HONOR TERBENTUR SK BUPATI/WALIKOTA
      • JADWAL PENERBITAN SK TUNJANGAN PROFESI GURU
    • ►  February (67)
    • ►  January (59)

Kirim Artikel

Kategori

Berita (111) Pendidikan (19) Sertifikasi (13) Tunjangan (11) Adm-Guru (7) Aplikasi-Gratis (7) KIP (1)

Visitor

Copyright 2016 DINAMIKA PENDIDIKAN. All Rights Reserved.